Download MotoDream Blackberry Launcher
Do You Know
21.08.2010

Era Mouse Eksentrik

Era Mouse Eksentrik

Era Mouse Eksentrik

Kadang berpikir simetris sangat diperlukan untuk menghasilkan suatu karya yang besar, namun tetap tidak mengurangi fungsinya. Salah satunya pada karya pembuatan Mouse dengan bentuk yang non konvensional. Tentu Bro sudah mengenal alat ini bukan?

Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam computer (selain keybord/papan ketik). Bentuknya yang hampir sama seperti tikus, maka dalam bahasa Inggris peranti disebut Mouse. Pembuatnya, sekaligus penemu Mouse pertama kali bernama Douglas Engelbar, pada tahun 1963. Bentuknya saat itu menggunakan kayu dengan satu tombol, kemudian model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Tentu tidak berhenti pada tahap ini saja, pada tahun 1970, Douglas Engelbart kembali memperkenalkan Mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, Mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).

Lazimnya, bentuk Mouse yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh sudah menggunakan Mouse satu tombol. Pola kerja Mouse dengan menangkap gerakan, menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata.

Sekarang ini, Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth. Bahkan saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan Mouse memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), ada juga yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya Mouse semacam ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video, ada juga sistem kerja Mouse, yang sudah mengunakan sistem wireless.

Soal bentuk Mouse, para desainer piranti ini, tidak berfikir yang konvensional saja. Ada yang berbentuk granat, robotik, donat, love, HP, kalkulator, mobil, jet, bahkan ada juga yang bisa di cuci.

Bisa jadi era yang akan datang, dunia peranti komputer sudah tidak lagi menggunakan istilah Mouse. Seiring berjalannya waktu, pada ahirnya semakin banyak peminat bentuk mouse yang lebih eksentrik lagi.