Download MotoDream Blackberry Launcher
News Update
02.11.2010

Sejuk, Asri dan Alami, Semua Ada di Lokasi Wisata Taman Balekambang

Sejuk, Asri dan Alami, Semua Ada di Lokasi Wisata Taman Balekambang

Sejuk, Asri dan Alami, Semua Ada di Lokasi Wisata Taman Balekambang

Taman Balekambang? Bagi sebagian motobikers mungkin ada yang baru mendengar lokasi wisata yang satu ini. Khusus untuk motobikers yang menginginkan tempat wisata alami, sejuk dan asri tidak salah memilih Taman Balekambang. Memang tidak sedikit yang menghabiskan acara komunitas motor di kawasan Puncak, Jawa Barat. Karena itu, Taman Balekambang memang jarang disambangi kalangan motobikers. Daerah wisata ini berlokasi di kawasan Surakarta dengan luas lahan sekitar 9.8 hektar. Awal berdiri, lokasi wisata ini memang tidak terurus dan terkesan kumuh. Karena itu sejak tahun 2008, pemerintah kota setempat mengambil alih untuk mengurus Taman Balekambang.

Pemkot Surakarta ingin mengembalikan ke asrian dan keindahan Taman Balekambang. Selain itu, lokasi ini juga dijadikan sebagai kawasan seni dan budaya. Lokasi wisata ini dibangun oleh oleh Kanjeng Gusti Adipati Mangkunegoro VII pada tahun 1921 sebagai tanda kasih pada kedua orang putrinya. Karena itu, taman ini pada awalnya dibagi menjadi dua area. Area pertama diberi nama Partini Tuin yang berarti Taman Partini (putri tertua). Area kedua dinamakan Partina Bosch yang berarti Taman Air Partinah. Kedua taman inilah yang dikemudian hari dikenal sebagai Taman Balekambang oleh masyarakat Solo. Balekambang (rumah terapung) merupakan taman terbuka yang berlokasi di jalan Ahmad Yani, Solo.

Seiring berjalannya waktu, masyarakat mulai mengenal dan kerap menyambangi Taman Balekambang pada hari libur. Di lokasi wisata ini, motobikers yang datang dapat menikmati berbagai pertunjukan kesenian, seperti musik, ketoprak, wayang kulit maupun beragam kegiatan budaya lainnya. Tambahan lain bagi motobikers yang datang adalah kawasan asri berupa pohon langka yang mengelilingi taman. Bagi yang suka petualangan, disediakan juga aneka permainan berupa flyng fox, arena outbond, pemandian air panas dan beberapa sarana lainnya. Pemkot setempat, untuk menjaring pengunjung lebih banyak, rencananya dilokasi ini akan dikembangkan menjadi taman botani.